cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni
ISSN : 14113554     EISSN : 26206404     DOI : -
Inotek is a journal that publishes scientific articles related to the application of science and technology, vouchers, entrepreneurship, and a range of other community services that meet the qualification criteria. However, this journal also contains the results of research in the form of applications and technology innovation. This scientific journal published twice a year in February and August.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2000): Januari 2000" : 8 Documents clear
PENGKAJIAN HASIL-HASIL PENELITIAN YANG POTENSIAL DIKEMBANGKAN UNTUKDITERAPKAN PADAKEGIATAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT Sukoco Sukoco; Sunyoto Sunyoto; Barnbang Subali
INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Vol 1, No 2 (2000): Januari 2000
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6249.711 KB) | DOI: 10.21831/ino.v1i2.5124

Abstract

Kegiatan  dari Program  P3HP  LPM IKIP Yogyakarta  yang dalam hal ini kegiatannya  dalam bentuk  survei,  sebagai  langkah awal bertujuan   ingin  mengetahui  jenis-jenis   karya  teknologi   dari Program  Studi:  Teknik Elektro,  Teknik  Elektronika,   Tekni Mesin, Teknik Otomotif,  Teknik Bangunan,  Tata Boga,  dan Tata Busana.  Hasil dari kegiatan  ini diharapkan   dapat bermanfaat, baik bagi  LPM  maupun  bagi  FPTK  IKIP  Yogyakarta.   Khusus  bagi  mahasiswa   teridentifikasi,    LPM  IKIP  Yogyakarta   bisa menentukan    langkah-langkah     konkret   antara   lain:  (a)  Mengadakan    konsultasi   dengan   pihak  FPTK   kemungkinan    dapat dimanfaatkannya   produk  karya  teknologi  mahasiswa   untuk  kepentingan   Pengabdian   Kepada  Masyarakat,   (b) jika  mungkin, LPM  mengadakan    musyawarah    untuk  menentukan    langkah-langkah    yang  harus  ditempuh   untuk  merealisasikannya,     (c) kaitannya dengan butir (b), LPM menentukan  identifikasi  potensi masyarakat  yang diperkirakan  bisa mengembangkan   usahanya dengan  adanya  peralatan   yang  dibantukan.Metode  yang  digunakan   untuk  mengumpulkan   data,  adalah  dengan  dokumentasi.   Sumber  informasi  untuk  memperoleh data adalah melalui  koordinator   mata kuliah Karya Teknologi,  yang dalam hal ini dipegang  oleh Sekretaris  Jurusan  atau Ketua Program Studi D-3 Teknologi.Hasil  dari pelaksanaan   kegiatan  ini adalah  bahwa  sampai  dengan  tanggal  31 Desember   1999, telah  dibuat  bentuk  karya.eknologi masing-masing  Program  Studi sebagai berikut: Pendidikan  Teknik Elektro:  34 karya, Pendidikan  Teknik Elektronika   :36 karya, Pendidikan  Teknik Mesin  : 80 karya, Pendidikan  Teknik Otomotif:   15 karya, Pendidikan  Teknik Bangunan  : 25 karya,-=-ataBoga:  64 karya, dan Tata Busana  : 4 karya. Sebagai catatan bahwa tiap-tiap  karya dibuat oleh minimal  lorang,   dan bahkan_  a yang dibuat  oleh 6-8 mahasiswa.Kata Kunci  : P3HP, Identifikasi  Karya Teknologi.
PENINGKATAN MANAJEMEN PEMASARAN DAN PENELUSURAN TAMATAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Sukamto Sukamto; Satunggalno Satunggalno; Amat Jaedun; Herminanto Sofyan
INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Vol 1, No 2 (2000): Januari 2000
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (9130.333 KB) | DOI: 10.21831/ino.v1i2.5125

Abstract

Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk: (1) Meningkatkan kemampua para pengelola SMK dalam merencanakan  program pemasaran dan penelusuran para tamatannya; (2) Meningkatakan  kemampua para pengelola SMK dalam mengorganisasikan,menggerakkan dan mengarahkan segal a potensi yang dimilikinya untu melaksanakan kegiatan pemasaran dan penelusuran tamatannya; dan (3) meningkatkan kemampuan para pengelola SM dalam mengembangkan administrasi pendukung pelaksanaan program pemasaran dan penelusuran tamatannya.Adapun langkah-langkah dalam rangka pemecahan masalah yang telah dirumuskan adalah: (1) Tahap Persiapan, yakr melakukan koordinasi dengan Kepala Bidang Dikmenjur, Kanwil Depdikbut Propinsi DIY; (2) Tahap Presentasi, yakr penyelenggaraan pelatihan dengan ceramah dan diskusi secara klasikal; (3) Tahap Implementasi; yaitu pemberian tuga kepada peserta pelatihan untuk menyusun program, struktur organisasi dan perangkat teknis administrasi pendukung untu melaksanakan  proram pemasaran  dan penelusuran  tamatannya di masing-masingSMK  yang dikelolanya;  dan (4) Tahap Evaluas yaitu pelaksanaan penilaian terhadap hasil pengerjaan tugas yang dilakukan oleh Tim PPM bersama dengan Kepala Bidan Dikrnenjur  dan para pengawas SMK.Dengan telah selesainya pelaksanaan kegiatan Pelatihan Manajemen Pemasaran dan Penelusuran Tamatan SMK, mak para pengelola BKK di SMK telah dapat meningkatkan kemampuannya dalam : (1) Menyusun struktur organisasi, deskrips tugas, program kerja kegiatan pemasaran dan penelusuran tamatan pada masing-masing SMK yang dikelolanya; dan ( menentukan teknis atau mekanisme pelaksanaan kegiatan pemasaran dan penelusuran tamatan yang disesuaikan denga kondisi dan potensi sumber daya yang dimiliki oleh masing-rnasing  SMK. Sementara itu, pelaksanaan kegiatan PPM ini daps terselenggara  dengan lancar karena adanya kerjasama dan dukungan  dari Kabid Dikmenjur  dan para pengawas SMK, partisipas aktif dari para peserta pelatihan serta adanya komitmen yang tinggi dari para pengeloJa BKK di SMK untuk meningkatka kualitas pelaksanaan kegiatan pemasaran dan penelusuran tamatannya secara sungguh-sungguh.
PENATARAN CNC DAN CAD-CAM BAGI DOSEN JURUSAN MESIN PERGURUAN TINGGI SWASTA SEJAWATENGAHDAN DAERAHISTIMEWA YOGYAKARTA Faham Faham; Djoemadi Djoemadi; Nuchron Nuchron; Dwi Rahdiyanta; Bambang S
INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Vol 1, No 2 (2000): Januari 2000
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4909.611 KB) | DOI: 10.21831/ino.v1i2.5110

Abstract

Teknologi  manufakturing   yang  ada dewasa  ini teJah berkernbang  demikian  pesatnya.  Hal ini dapat  dilihat  dengan  adanya bentuk  integrasi  antara  tahapan  desain  (CAD)  dengan  perencanaan   produk  dan proses  dengan  menggunakan    mesin-mesin perkakas  CNC. Hal ini berarti  kemampuan   dalam  sistem produksi  permesinan  modern  tersebut  mutlak  diperlukan   oleh para dosen  khususnya   untuk  dosen  pada  Jurusan  Teknik  Mesin.Tujuan dari pelatihan CNC dan CAD-CAM  ini adalah untuk menjembatani  dan mempersempit  kesenjangan  ilmu pengetahuan dan teknologi  khususnya  antara Perguruan  Tinggi  Swasta Jurusan  Teknik Mesin dengan  pihak industri  permesinan   khususnya yang berkaitan  sistem produksi  permesinan  modern  saat ini. Pelatihan  CNC dan CAD-CAM  bagi dosen-dosen   Jurusan  Teknik Mesin  pada  Perguruan   Tinggi  Swasta  di DIY dan Jawa Tengah  dilaksanakan   di laboratorium   CNC  dan CAD-CAM   ]urusan Pendidikan  Teknik Mesin FPTK IKIP Yogyakarta.  Mengingat  adanya keterbatasan  fasilitas dan dana, maka dalam pelaksanaan pelatihan  ini untuk setiap perguruan  tinggi swasta dibatasi  1 orang peserta.  Adapun jumlah  peserta  dalam pelatihan  ini adalah delapan  orang  dosen.  Pelatihan   dilaksanakan   dalam  dua bentuk  kegiatan,  yaitu  kegiatan  tatap muka  yang  dilaksanakan   dari tanggal23  September sampai 4 Oktober 1996 darijam  08.00 s.d. 16.00 WIB, dan kegiatan konsultasi (terstruktur) yang dilaksanakan dari  5 Oktober  sampai  dengan  4 Desember   1996, Adapun  materi  penataran   dapat  dikelompokkan   menjadi  dua, yaitu  CAD­ CAM dan pengoperasian   mesin  frais dan bubut  CNC.Hasil kegiatan  pelatihan   CNC dan CAD-CAM  bagi dosen  Jurusan  Teknik  Mesin  pada  Perguruan   Tinggi  Swasta  di DIY dan Jawa  Tengah  cukup  memuaskan.   Hal ini dapat  dilihat  dari:  (1) tingginya  motivasi  para  peserta  untuk  dapat  menguasai materi  pelatihan,  (2) sebagian  besar peserta  peJatihan  telah  dapat menguasai  dasar-dasar   CNC  dan CAD-CAM   sebagaimanatelah ditargetkan   dalam pelatihan,   dan (3) adanya  keinginan  para peserta  pelatihan  untuk  mendapatkan   pelatihan   lanjutan.
PELATlHAN PROGRAM INKUBATOR BISNIS DI SEKOLAH MENENGAH UMUM NEGERI KALASAN SLEMAN TAHAP I Priyanto Priyanto; Kadarisman Kadarisman; Pramudi Utomo
INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Vol 1, No 2 (2000): Januari 2000
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.76 KB) | DOI: 10.21831/ino.v1i2.5079

Abstract

Kegiatan  pen gab dian  kepada  masyarakat   yang  merupakan   Pelatihan   Program  Inkubator   Bisnis  ini diperuntukkan    bagi siswa-siswa  SMUN Kalasan  yang tahun  ini merupakan  tahun (tahap)  pertama.  Secara umum tujuan  yang ingin dicapai  dengan program  ini adalah  bahwa  setelah  peserta  selesai mengikuti  kegiatan  sampai  dengan  tahap  III, peserta  memiliki  pengetahuan, kemampuan  dan keterampilan  untuk memelihara,  merawat,  dan memperbaiki  komputer,  Dengan pengetahuan,   kemampuan  dan keterampilan  yang dimiliki tersebut  diharapkan  mereka  dapat hidup mandiri,  menggunakan   kemampuan  dan  keterampilannya untuk   berwirausaha     sehingga    dapat   dimanfaatkan    untuk   menopang    kehidupan    keluarganya,     atau  paling   tidak   untuk meningkatkan   taraf  hidupnya,   Secara  khusus  tujuan  yang  ingin  dicapai  pad a kegiatan  tahap  awal  ini  adalah  para  peserta memiliki   pengetahuan    dan  kemampuan   dasar  tentang   komputer   yang  meliputi   bagian-bagian    beserta   fungsi  dan  prinsip kerjanya. Metode   yang  digunakan   dalam  rangka  pelaksanaan    program   inkubator   bisnis   di  SMU  Kalasan   ini  adalah   dengan menggunakan  pendekatan  teori dan praktek. Teori diberikan sebelum praktek. Dalam menyampaikan  teori, pengabdi menunjukkan komponen-komponen     yang  dijelaskan   beserta  prinsip  kerjanya.  Disamping   itu peserta  memberikan   penjelasan   singkat  apa dan bagaimana  komputer  bisa bekerja.  Dalam  kegiatan  praktek,  peserta  dibimbing  agar berani  mencoba,   dengan  asumsi jika keberanian   telah ada dihati  perserta  maka untuk melaksanakan   praktek  akan dapat berjalan  dengan  lancar. Hasil  dari  kegiatan  ini adalah  telah  berhasil  dilakukan  pelatihan   dengan   dengan  materi  perawatan,   pemeliharaan    dan perbaikan  komputer  yang  sifatnya  masih  sangat  dasar. Materi  yang telah  diberikan  adalah  sebagai  berikut  : (a). Pengenalan Hard Ware, (b). Pen genal an Card (lIO monitor),  (c). Pengenalan  Setup Bios, (d). Pemasangan   alat pendukung  (disk drive, hard disk), (e). Sistem  Operasi  (DOS, LAN), dan (f). Perawatanlpemeliharaan    komputer. Kata kunci  : P3HP, Inkubator  bisnis,  SMU Kalasan
PENGEMBANGAN BANK SOAL DI SLTP DAN SMU PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Djemari Mardapi; Bambang Subali; Suharsimi Arikunto; Pujiati Suyata
INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Vol 1, No 2 (2000): Januari 2000
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5070.904 KB) | DOI: 10.21831/ino.v1i2.5112

Abstract

Tujuan utama program  penerapan  IPTEKS  ini adalah untuk melatih  para guru agar memiliki  kemampuan   menyusun  butir­butir soal yang memenuhi  persyaratan   untuk  dimasukkan  ke dalam bank  soal,Khalayak  sasaran  adalah  para guru SLTP dan SMU di Propinsi  Daerah  Istimewa  Yogyakarta  yang  diizinkan  oleh Kanwil Depdikbud   setempat  untuk  mengikuti   kegiatan  ini. Metode  yang  digunakan   meliputi  kegiatan   ceramah,   pelatihan   praktek terbimbing/tutorial,   dan kerja mandiri.Soal yang disusun  dalam  pelatihan  pengembangan   bank soal ini adalah  untuk  seluruh  mata pelajaran  yang  diebtanaskan yang diajarkan di kelas III cawu-L  Hasil pelatihan menunjukkan  bahwa para guru benar-benar  dapat ditingkatkan   kemampuannya dalam menyusun  kisi-kisi,  menyusun  dan menyunting  butir soal, merakit  soal, menganalisis   butir soal menggunakan   program ASCAL dan dimasukkan  ke dalam bank soal, menganalisis  butir soal menggunakan  program  lTEMAN  dan menginterpretasikan hasilnya  untuk mengetahui  kekuatan  distraktor  rnasing-masing  butir soa1. Setelah soal dari setiap mata pelajaran  diujikan  pada500 testi, hasilnya  menunjukkan   bahwa  presentasi  butir  soal yang  tidak  memenuhi  persyaratan   untuk  dimasukkan   ke dalam bank  soal berkisar   12% sampai  45%.  Hasil  pemantauan   di sekolah  menunjukkan   bahwa  pengalaman   yang  diperoleh   para petatar   benar-benar    ditularkan   kepada   guru  lain  di  sekolahnya   masing-masing    di  antaranya   ada  yang  melalui   kegiatan Musyawarah   Guru Mata Pelajaran  (MGMP).Kata kunci: Bank Soal-  Menulis  Butir
PELATIHAN RENCANA PROYEK DAN PENGENDALIAN PROYEK ITRP_-illr PENGUSAHA KECIL DI KLATEN Husaini Usman
INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Vol 1, No 2 (2000): Januari 2000
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.008 KB) | DOI: 10.21831/ino.v1i2.5080

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan bagi pengusaha kecil Klaten dalam hal teknik men;  ,~-  - rincian kerja, paket kerja,jadwal pelaksanaan, dan pengendalian  proyek. Metodologipelatihanyang digunakan adalah ez,' dengan pendekatan multi metode, dan multi media. Hasil pelatihan menyimpulkan bahwa peserta pelatihan telah dapat membuat: matriks rincian kerja, paket ke ~a. jpelaksanaan, dan pengendalian proyak dengan  cukup  baik. Kata kunci : Pelatihan  perencanaaan, pelatihan pengendalian, matriks rincian kerja, dan paket kerja.
PENGEMBANGAN HASIL-HASIL PENELITIAN UNTUK PEMBINAAN PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT MELALUI PENGABDIAN KAJI TINDAK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN IPA SDN GEJAYAN, PERUMNAS I, II DAN V CONDONG CATUR SERTA MINOMARTANI II DAN III Bambang Subali; Sunyoto Sunyoto; Marsigit Marsigit
INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Vol 1, No 2 (2000): Januari 2000
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3662.948 KB) | DOI: 10.21831/ino.v1i2.5113

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang berjudul Pengembangan Hasil-hasil Penelitian untuk Pembinaan Pendidikan dan Masyarakat melalui Pengabdian Kaji Tindak Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dan IPA SDN Gejayan, Perumnas I, II dan V Condong Catur Serta Minomartani II dan III bertujuan untuk mensosialisasikan Program Pembinaan Guru oleh Tim SD Mitra untuk diimplementasikan secara nyata dalam kegiatan PBM di kelas untuk Matematika dan IPA.Metode pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini diawali dengan kegiatan sarasehan pad a tahun 1998 untuk identifikasi permasalahan dengan prioritas siswa kelas IV, V dan VI yang ditindaklanjuti dengan perencanaan program untuk mengatasi permasalahan yaitu peningkatan prestasi belajar siswa dengan cara Ulangan Umum Bersama (UUB) bagi semua siswa kelas VI SD Mitra yang dilakukan oleh para guru untuk bidang studi matematika dan IPA yang di-EBTANAS-kan. Uji coba soal-soal yang disusun oleh para guru untuk bidang studi matematika dan IPA bahan kelas IV, V dan VI, yang ditindaklanjuti dengan analisis hasil belajar dan altematifremidiasinya.Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil tes UUB para siswa kelas VI SD Mitra untuk matematika nilai rata-ratanya adalah 58,51 dengan nilai terendah 20 dan tertinggi 98 dari kisaran nilai 0-100. Secara rinei nilai rata-rata matematika untuk bahan kelas IV adalah 64,55, kelas V adalah 59,11 dan kelas VI adalah 58,51. Adapun nilai IPA rata-rata 67,80 dengan nilai terendah 30 dan tertinggi 100 untuk kisaran nilai 0-100. Nilai IPA untuk bahan kelas IV rata-rata 64,85, bahan kelas V adalah69,70 sedangkan bahan kelas VI dengan nilai rata-rata 67,80. Hasil evaluasi pelaksanaan program UUB SD Mitra tersebut tampak mengisyaratkanperlunya remediasi bagi beberapa siswa yang belum berhasil dengan baik, untuk itu maka diperkenalkan alternatifremediasinya.
PENGEMBANGAN BAHASA JAWA SEBAGAI BAHASA PENYULUHAN PEMBANGUNAN PADA ,TURI D PENERANG SE-DIY Sutrisna Wibawa; Hesti Mulyani; Suwardi Suwardi; Suharti Suharti; Sri Harti Widyastuti
INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni Vol 1, No 2 (2000): Januari 2000
Publisher : LPPM UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/ino.v1i2.5111

Abstract

Tujuan utama kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengembangkan dan menerapkan bahasa Jawa bahasa Jawa, idiom-idiom bahasa Jawa, dan seni budaya Jawa guna memenuhi kebutuhan penyuluhan pembangun para juru penerang di DIYOleh karena bentuk kegiatannya berupa pelatihan dan lokakarya keterampilan berbahasa, maka metode yang dig adalah ceramah, diskusi, laboratori, dan praktik lapangan.Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah khalayak sasaran telah meningkat kemampuan berbaha untuk komunikasi Iisan. Peserta telah dapat menyusun naskah penyuluhan pembangunan dalam bahasa Jawa. Peser dapat mengembangkandan menerapkanragam bahasa Jawa, yaitu ragam bahasa krama alus. Peserta telah dapat mengemb dan menerapkan idiom-idiom bahasa Jawa yang berfungsi sebagai penjelas, alat pendidikan, dan pengawas norma masyarakat agar selalu dipatuhi. Peserta telah dapat mengembangkan unsur seni dan budaya Jawa untuk men penyuluhan pembangunan, dengan menggunakan karya sastra dan budaya Jawa sebagai sumber nilai dan hiburan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8